Teguh Santosa Ketua Umum JMSI

0

RDNews, Jakarta – Setelah berlangsung selama sembilan jam, sebanyak 21 Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akhirnya secara aklamasi memilih Teguh Santosa menjadi Ketua Umum dalam Musyawarah Nasional pertama yang digelar secara virtual, Senin (29/6).

Baca Juga

Teguh yang merupakan CEO RMOL Network itu akan memimpin organisasi perusahaan media siber itu untuk periode 2020-2025.

Nama Teguh disampaikan ke-21 Pengurus Daerah yang menghadiri Munas dalam sidang penyampaian pandangan umum yang dipimpin Plt. Ketua JMSI Riau, H. Dheni Kurnia.

Sebelum dipilih dan ditetapkan sebagai Ketua Umum JMSI, Teguh menjabat sebagai Plt. Ketua JMSI DKI Jakarta.

Teguh bukan nama baru di dunia kewartawanan dan media massa. Ia memulai karier di dunia pers profesional pada tahun 2000. Kemudian di tahun 2005 ia mendirikan media online yang kini berkembang menjadi Grup Republik Merdeka yang telah memiliki cabang di belasan provinsi di Indonesia.

Teguh adalah Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2013-2018 dan Wakil Presiden Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) pada tahun 2017.

Seusai Kongres PWI 2018 di Solo, Teguh dipercaya menjadi salah seorang anggota Dewan Kehormatan PWI periode 2018-2023. Namun setelah dirinya terpilih sebagai Ketua Umum JMSI, Teguh mengatakan akan mengundurkan diri dari DK PWI.

Selain aktif di dunia media massa, Teguh juga mengajar di Jurusan Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ia juga pernah menjadi Wakil Rektor IV Universitas Bung Karno (UBK) periode 2015-2019.

Adapun JMSI dideklarasikan pada tanggal 8 Februari 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, di arena Hari Pers Nasional (HPN) 2020, oleh pengelola media dari 21 provinsi di Indonesia.

Sedianya Munas pertama JMSI ini akan diselenggarakan di Pakanbaru, Riau. Namun, menyusul penyebaran virus corona baru, JMSI akhirnya sepakat untuk menggelar Munas secara virtual.

Selain memilih Teguh Santosa sebagai Ketua Umum, peserta juga Munas sepakat meminta Plt. Ketum JMSI, Mahmud Marhaba, mendampingi Teguh Santosa sebagai Sekretaris Jenderal JMSI.

Menanggapi permintaan aklamasi ini, Teguh Santosa mengucapkan terima kasih. Dia mengatakan, sebenarnya Mahmud Marhaba lah yang berperan besar dalam menggerakkan organisasi sejak dideklarasikan tanggal 8 Februari lalu di Banjarmasin.

“Aktor utama (di JMSI) sebenarnya adalah Bang Mahmud Marhaba. Sementara saya hanya merasa berkewajiban membantu niat baik ini… Insya Allah amanah saya terima karena kita punya pandangan dan niat baik yang sama,” terang Teguh.

Sebagai ketua umum terpilih, Teguh Santosa telah menyusun rencana kerja umum, termasuk membantu media siber di daerah.

Adapun Mahmud Marhaba mengatakan, pandangan umum dari 21 Pengurus Daerah JMSI itu akan menentukan masa depan JMSI.

“Kita semua berharap kepemimpinan ke depan jadi solid dan dapat mewujudkan harapan kita semua. Terima kasih atas dukungan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bang Teguh. Beliau (Teguh Santosa) ini telah mensupport membantu kita semua. Untuk itu kita sepakat mendukung kepemimpinan Teguh Santosa,” tegasnya.

Penetapan Teguh sebagai Ketua Umum JMSI dituangkan dalam SK No 07.

Setelah ditetapkan sebagai Ketua Umum, Teguh menyusun Tim Formatur yang akan membantunya menyusun kepengurusan JMSI periode 2020-2025 yang terdiri dari Mahmud Marhaba, Rahiman Dani, Dheni Kurnia, serta Zaki Mubarok. [JMSI/ypb]

Sumber: JMSI


Share.

RDNews, Jakarta – Media massa khususnya media siber yang berbasis internet memainkan peranan sangat penting di era pandemik Covid-19. Reportase berkualitas atau good quality journalism yang dihasilkan media siber sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat luas agar peta penyebaran dan penanggulangan dampak Covid-19 bisa tepat sasaran. Demikian disampaikan ekonom Gita Wirjawan dalam pertemuan dengan Ketua Umum Terpilih Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa di kantor Gita di kawasan Setia Budi, Jakarta Pusat, Rabu sore (8/7). Mantan Menteri Perdagangan (2011-2014) itu mengapresiasi pembentukan JMSI dan Munas I JMSI yang berlangsung pekan lalu (Senin, 29/6). Menurut Gita Wirjawan, pembentukan organisasi perusahaan media…

Share.

RDNews, Jakarta – Tim Kerja Pimpinan DPD RI resmi mengeluarkan rekomendasi dengan kesimpulan menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Rekomendasi sudah disampaikan kepada Ketua DPD La Nyalla Mattalitti untuk kemudian diambil sebagai sikap lembaga. Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin (SBN), menyatakan dirinya dari awal menolak rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) itu. Senator asal Bengkulu ini beralasan bahwa Pancasila sudah final. RUU HIP, kata SBN, hanya memancing kritik dan protes publik. Ia dan mayoritas Senator DPD RI menyayangkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tidak dicantumkan sebagai konsiderans. Hal itu dinilai sebagai pintu masuk kembalinya ajaran komunisme. Selain itu…

Share.

RDNews, Kaur – Keluarga korban dan anggota Forom Wartawan Kecamatan Kinal mendatangi Kapolres Kaur, Selasa (7/7) Mereka mendatangi Polres tersebut meminta Polisi agar segera meringkus tersangka dugaan pemerkosaan dan kekerasan anak dibawah umur yang dilakukan warga desa manau IX Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu berinisial ER. “Upaya penangkapan terhadap pelaku sudah kami lakukan secara maksimal dan tidak pernah berhenti,” ungkap Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayetno Pun demikian, Pihak Kepolisian Kaur juga membutuhkan informasi dari warga. Apabila ada warga yang menemukan atau tahu informasi keberadaan pelaku agar memberitahu pihak Kepolisian dan akan diberikan imbalan. “Kita sangat membutuhkan informasi…

Share.

RDNews, Bengkulu Tengah – Jajaran Kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV bertempat di Aula Puncak Hotel Tahura Benteng, Senin (6/6). Dalam Musda tersebut juga menentukan Ketua dan Pengurus Pemuda Muhamadiyah periode 2020-2022 didaerah itu. Dari mekanisme pemilihan Ketua, mengerucut menjadi 13 formatur, dari 13 Foratur terpilih sebagai Ketua yakni Antoni menggantikan Muharam yang menjabat sebelumnya. Musda tersebut dibuka langsung oleh Bupati Benteng, Ferry Ramli. “Semoga Musda ini bisa menghasilkan pemuda muhammadiyah yang berkulitas dan lebih energik,” jelasnya Kemudian pada acara yang bertajuk ‘Menggembirakan Dakwah Islam Memajukan Bengkulu Tengah’ itu Bupati berpesan sekaligus berharap kepada…

Share.