Apresiasi Munas JMSI, Menkominfo Ajak Media Bangun Peradaban Baru Yang Bermutu

0

RDNews, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi acara Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang digelar secara virtual pada hari ini, Senin (29/6).

Baca Juga

Apresiasi Johnny G. Plate itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi, Widodo Muktiyo yang mewakilinya hadir di Munas JMSI.

“Atas nama Menkominfo RI, saya menyampaikan pesan dari Pak Menteri, kami mengapresiasi, mengucapkan selamat kepada teman-teman JMSI yang sudah berhasil berkumpul dan membuat organisasi, ini adalah organisasi yang sangat penting,” ujarnya.

Widodo Muktiyo lantas menyampaikan harapan Menteri Johnny pada JMSI. Dalam hal ini, Menteri Johnny mengurai bahwa media adalah cerminan peradaban bangsa Indonesia di tengah derasnya arus informasi pada masa pandemik Covid-19.

“Media yang teman-teman miliki ini semua adalah cerminan dari peradaban bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia ini akan dilihat peradabannya, salah satunya di era Covid-19 ini adalah bagaimana komunikasi virtual kita,” tegasnya.

Widodo mengurai, dunia digital memiliki peranan vital sekaligus ancaman yang tidak kalah serius jika tidak dibarengi dengan prinsip-prinsip kehati-hatian dan peningkatan kualitas.

Media siber, kata dia, dengan berbagai tantangan yang menghinggapi akan tetap menjadi mitra pemerintah dalam menegakkan pilar keempat demokrasi.

Pilar itu adalah memastikan bagaimana kebebasan kita berpendapat di dalam media siber ini menjadi tantangan baru yang punya peluang dan harapan sekaligus.

“Ini harus ditata betul. Jangan sampai di tengah Covid-19 ini ada infodemik. Di mana kebanyakan informasi yang akhirnya kita seringkali bingung mana informasi yang harus kita telan, dan harus kita abaikan,” tuturnya.

Menkominfo, sambung Widodo, sangat berharap kepada JMSI di Munas pertamanya ini untuk bergotong-royongan bersama pemerintah menangani derasnya arus informasi tentang Covid-19.

“Bagaimanapun juga masyarakat membutuhkan informasi yang bermutu. Informasi yang harus diolah berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik,” harapnya.

“Oleh sebab itu, saya bersama bapak-ibu temen-temen semuanya (JMSI). Mari kita bangun peradaban baru kita di Indonesia itu dengan sama-sama meningkatkan mutu,” demikian Widodo. [JMSI/ypb]

sumber: JMSI


Share.

RDNews, Jakarta – Media massa khususnya media siber yang berbasis internet memainkan peranan sangat penting di era pandemik Covid-19. Reportase berkualitas atau good quality journalism yang dihasilkan media siber sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat luas agar peta penyebaran dan penanggulangan dampak Covid-19 bisa tepat sasaran. Demikian disampaikan ekonom Gita Wirjawan dalam pertemuan dengan Ketua Umum Terpilih Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa di kantor Gita di kawasan Setia Budi, Jakarta Pusat, Rabu sore (8/7). Mantan Menteri Perdagangan (2011-2014) itu mengapresiasi pembentukan JMSI dan Munas I JMSI yang berlangsung pekan lalu (Senin, 29/6). Menurut Gita Wirjawan, pembentukan organisasi perusahaan media…

Share.

RDNews, Jakarta – Tim Kerja Pimpinan DPD RI resmi mengeluarkan rekomendasi dengan kesimpulan menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Rekomendasi sudah disampaikan kepada Ketua DPD La Nyalla Mattalitti untuk kemudian diambil sebagai sikap lembaga. Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin (SBN), menyatakan dirinya dari awal menolak rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) itu. Senator asal Bengkulu ini beralasan bahwa Pancasila sudah final. RUU HIP, kata SBN, hanya memancing kritik dan protes publik. Ia dan mayoritas Senator DPD RI menyayangkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tidak dicantumkan sebagai konsiderans. Hal itu dinilai sebagai pintu masuk kembalinya ajaran komunisme. Selain itu…

Share.

RDNews, Kaur – Keluarga korban dan anggota Forom Wartawan Kecamatan Kinal mendatangi Kapolres Kaur, Selasa (7/7) Mereka mendatangi Polres tersebut meminta Polisi agar segera meringkus tersangka dugaan pemerkosaan dan kekerasan anak dibawah umur yang dilakukan warga desa manau IX Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu berinisial ER. “Upaya penangkapan terhadap pelaku sudah kami lakukan secara maksimal dan tidak pernah berhenti,” ungkap Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayetno Pun demikian, Pihak Kepolisian Kaur juga membutuhkan informasi dari warga. Apabila ada warga yang menemukan atau tahu informasi keberadaan pelaku agar memberitahu pihak Kepolisian dan akan diberikan imbalan. “Kita sangat membutuhkan informasi…

Share.

RDNews, Bengkulu Tengah – Jajaran Kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV bertempat di Aula Puncak Hotel Tahura Benteng, Senin (6/6). Dalam Musda tersebut juga menentukan Ketua dan Pengurus Pemuda Muhamadiyah periode 2020-2022 didaerah itu. Dari mekanisme pemilihan Ketua, mengerucut menjadi 13 formatur, dari 13 Foratur terpilih sebagai Ketua yakni Antoni menggantikan Muharam yang menjabat sebelumnya. Musda tersebut dibuka langsung oleh Bupati Benteng, Ferry Ramli. “Semoga Musda ini bisa menghasilkan pemuda muhammadiyah yang berkulitas dan lebih energik,” jelasnya Kemudian pada acara yang bertajuk ‘Menggembirakan Dakwah Islam Memajukan Bengkulu Tengah’ itu Bupati berpesan sekaligus berharap kepada…

Share.