JMSI Gelar Lomba Puisi, Mahmud: Akan Dicatat Sebagai Rekor Muri

0

RDNews, Jakarta – Menjelang perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) I, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menggelar perhelatan istimewa: lomba baca puisi secara virtual yang diikuti oleh wartawan-penyair seluruh Indonesia.

Baca Juga

Sejumlah wartawan-penyair dari negeri jiran Malaysia yang tergabung dalam Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami) juga akan ikut serta.

Selain itu, sejumlah bintang tamu juga direncanakan ikut memeriahkan panggung puisi JMSI.

Lomba baca puisi akan diselenggarakan pada hari Minggu (28/6), pukul 15.00 sampai 17.00 WIB menggunakan aplikasi Zoom.

Tiga wartawan senior yang juga dikenal sebagai penyair, H, Dheni Kurnia dari Provinsi Riau, Ramon Domora dari Kepulauan Riau bersama Fakhrunas MA Jabbar, dari Riau, dipercaya penyelenggara duduk sebagai Dewan Juri.

Pelaksana Tugas Ketua Umum JMSI, Mahmud Marhaba, dalam penjelasannya mengatakan, lomba baca puisi ini adalah salah satu kegiatan dalam rangkaian Munas I JMSI yang sudah dimulai sejak tanggal 16 Juni lalu.

“Puncak dari pelaksanaan Munas I JMSI adalah pada hari Senin, 29 Juni 2020. Awalnya kami rencanakan Munas akan diselenggarakan di Pakanbaru, Riau. Namun karena situasi pandemi Covid-19, kami sepakat untuk menggelar Munas secara virtual,” ujar Mahmud Marhaba.

Ia mengatakan, walau digelar secara virtual, JMSI Riau tetap menjadi panitia pelaksana jalannya Munas I JMSI ini.

Mahmud juga mengatakan, lomba baca puisi ini menjadi semacam relaksasi sebelum pengurus JMSI memasuki ruang musyawarah virtual. Disebut relaksasi karena dalam rangkaian kegiatan Munas I JMSI sebelumnya, pengurus JMSI telah mengikuti sejumlah kegiatan diskusi dengan materi yang “cukup berat”.

Pada tanggal 16 Juni, JMSI menggelar diskusi virtual dengan Dutabesar RI di Republik Rakyat China, Djauhari Oratmangun, untuk membahas penanganan Covid-19 dan strategi China memasuki situasi normal baru. Pada tanggal 18 Juni diskusi dengan tema yang kurang lebih sama digelar dengan menghadirkan Dutabesar RI untuk Republik Korea atau Korea Selatan, Umar Hadi.

Lalu pada tanggal 20 Juni, JMSI menggelar diskusi virtual dengan Dutabesar RI di Vietnam Ibnu Hadi, juga untuk membahas penanganan Covid-19 di Vietnam yang terbilang berhasil mengatasi pandemi.

Adapun pembukaan rangkaian Munas I JMSI diselenggarakan pada tanggal 23 Juni oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga menjelaskan strategi Indonesia, khususnya di bidang ekonomi, dalam menghadapi situasi normal baru.

Selain diskusi bertema penanggulangan Covid-19 dan strategi memasuki new normal, JMSI juga menggelar diskusi vitual mengenai tantangan baru yang dihadapi perusahaan media siber di era pandemi. Diskusi dengan tema itu digelar pada tanggal 25 Juni dengan menghadirkan dua pembicara yakni pendiri CekNRicek Ilham Bintang dan pendiri Jagaters Joko Intarto.

“Rangkaian kegiatan menuju puncak Munas I JMSI ini memang luar biasa. Jadi lomba puisi ini dapatlah kita sebut sebagai relaksasi,” ujar Mahmud Marhaba lagi.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan pendiri Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI), Jaya Suprana.

“Pak Jaya Suprana sangat mengapresiasi kegiatan ini. Alhamdulillah, kegiatan ini akan dicatat sebagai sebuah rekor oleh MURI,” demikian Mahmud Marhaba. [ypb/rls JMSI]


Share.

RDNews, Jakarta – Media massa khususnya media siber yang berbasis internet memainkan peranan sangat penting di era pandemik Covid-19. Reportase berkualitas atau good quality journalism yang dihasilkan media siber sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat luas agar peta penyebaran dan penanggulangan dampak Covid-19 bisa tepat sasaran. Demikian disampaikan ekonom Gita Wirjawan dalam pertemuan dengan Ketua Umum Terpilih Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa di kantor Gita di kawasan Setia Budi, Jakarta Pusat, Rabu sore (8/7). Mantan Menteri Perdagangan (2011-2014) itu mengapresiasi pembentukan JMSI dan Munas I JMSI yang berlangsung pekan lalu (Senin, 29/6). Menurut Gita Wirjawan, pembentukan organisasi perusahaan media…

Share.

RDNews, Jakarta – Tim Kerja Pimpinan DPD RI resmi mengeluarkan rekomendasi dengan kesimpulan menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Rekomendasi sudah disampaikan kepada Ketua DPD La Nyalla Mattalitti untuk kemudian diambil sebagai sikap lembaga. Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin (SBN), menyatakan dirinya dari awal menolak rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) itu. Senator asal Bengkulu ini beralasan bahwa Pancasila sudah final. RUU HIP, kata SBN, hanya memancing kritik dan protes publik. Ia dan mayoritas Senator DPD RI menyayangkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tidak dicantumkan sebagai konsiderans. Hal itu dinilai sebagai pintu masuk kembalinya ajaran komunisme. Selain itu…

Share.

RDNews, Kaur – Keluarga korban dan anggota Forom Wartawan Kecamatan Kinal mendatangi Kapolres Kaur, Selasa (7/7) Mereka mendatangi Polres tersebut meminta Polisi agar segera meringkus tersangka dugaan pemerkosaan dan kekerasan anak dibawah umur yang dilakukan warga desa manau IX Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu berinisial ER. “Upaya penangkapan terhadap pelaku sudah kami lakukan secara maksimal dan tidak pernah berhenti,” ungkap Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayetno Pun demikian, Pihak Kepolisian Kaur juga membutuhkan informasi dari warga. Apabila ada warga yang menemukan atau tahu informasi keberadaan pelaku agar memberitahu pihak Kepolisian dan akan diberikan imbalan. “Kita sangat membutuhkan informasi…

Share.

RDNews, Bengkulu Tengah – Jajaran Kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV bertempat di Aula Puncak Hotel Tahura Benteng, Senin (6/6). Dalam Musda tersebut juga menentukan Ketua dan Pengurus Pemuda Muhamadiyah periode 2020-2022 didaerah itu. Dari mekanisme pemilihan Ketua, mengerucut menjadi 13 formatur, dari 13 Foratur terpilih sebagai Ketua yakni Antoni menggantikan Muharam yang menjabat sebelumnya. Musda tersebut dibuka langsung oleh Bupati Benteng, Ferry Ramli. “Semoga Musda ini bisa menghasilkan pemuda muhammadiyah yang berkulitas dan lebih energik,” jelasnya Kemudian pada acara yang bertajuk ‘Menggembirakan Dakwah Islam Memajukan Bengkulu Tengah’ itu Bupati berpesan sekaligus berharap kepada…

Share.